Identitas Bangsa Indonesia yang Terlupakan

Bookmark and Share
Sebagai negara yang agraris Indonesia memiliki banyak lahan pertanian, dan sebagai negara maritim Indonesia memiliki hasil laut yang hebat tapi itu semua hanyalah segelintir dari sesuatu yang "Paling Indonesia" masih banyak sesuatu yang lain yang seharusnya kita bisa sadar dan juga bisa menjaganya.

Walaupun sudah lama merdeka tetapi bangsa Indonesia masihlah belum kenal seutuhnya negara Indonesia. Padahal hal ini sangatlah penting dan merupakan ciri atau identitas bangsa Indonesia. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dianggap "Paling Indonesia" karena dengan hal-hal inilah Indonesia bisa terkenal di mata dunia:

1. Sumber Daya Alam

Indonesia dari zaman dahulu memang sangat dikenal dengan sumber daya alamnya. Banyak sekali hasil alam yang dihasilkan dari Indonesia mulai dari minyak bumi, gas alam, pertanian, pekebunan, dan peternakan. Dari semua itu, devisa yang dihasilkan bagi Indonesia sungguh luar biasa besar. Tambang minyak bumi di Indonesia ada begitu banyak dan tersebar di pulau Sumatera dan Kalimantan. Gas alam Indonesia begitu melimpah dan gas alam juga bisa dijadikan energi alternatif. Pertanian dan perkebunan sudah jangan ditanya lagi, Indonesia dikenal dengan negara agraris, negara yang terkenal dengan pertaniannya di daerah Sumatera, Jawa dan Kalimantan banyak sekali terdapat pertanian dan perkebunan salah satu dari hasil pertanian itu adalah padi dan salah satu dari hasil perkebunan bisa dilihat dari banyaknya jumlah kebun kelapa sawit di Indonesia. Sungguh sangat berlimpah sumber daya alam Indonesia. Kita sebagai rakyat Indonesia harus bersyukur, bangga, menjaga dan mengelola sumber daya alam ini karena negara-negara lain belum tentu mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah di negaranya.

2. Wisata Alam

Selain sumber daya alam, Indonesia juga memiliki banyak sekali wisata alam. Wisata alam di Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke.Dari ujung barat Indonesia kita bisa melihat Aceh, sebuah kota yang pernah ditimpa bencana tsunami ini sekarang sudah menjadi salah satu tempat wisata karena banyak peninggalan-peninggalan tsunami yang memang sengaja tidak dibersihkan untuk mengenang bencana yang menewaskan 100.000 lebih manusia. Bergeser sedikit dari Aceh menuju Danau Toba, danau yang memiliki pulau yang dihuni manusia ditengah-tengahnya yang diberi nama pulau Samosir dan danau ini memang memiliki keunikan tersendiri bagi pengunjung yang mendatanginya. Di ujung pulau Sumatera kita bisa melihat
gunung anak krakatau. Semula ini berasal dari gunung krakatau tetapi setelah meletus pada tahun 1883 gunung ini menjadi gunung anak krakatau. Di pulau Jawa terdapat gunung Bromo, gunung yang paling indah dan sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Menyebrang sedikit dari pulau Jawa ada pulau Bali, sebuah pulau yang dijuluki pulau dewata dan pulau surga. Pantai-pantai di Bali juga memiliki keindahan tersendiri dan pantai-pantai yang terkenal diantaranya adalah pantai kuta, tanah lot dan pantai dreamland. Di pulau Sulawesi banyak terdapat wisata alam dan diantaranya adalah taman laut Bunaken, taman laut yang mempunyai banyak titik-titik penyelaman. Disini kita bisa melakukan diving dan snorkling dan dengan itu kita bisa melihat keindahan bawah laut dari Bunaken. Di daerah Papua memiliki kepulauan Raja Ampat, sebuah tempat yang eksotis dan tidak kalah dengan taman laut Bunaken sehingga wisatawan mancanegara pun banyak berkunjung ke kepulauan Raja Ampat. Masih banyak sekali Wisata Alam di Indonesia yang tidak bisa saya sebutkan.

3. Budaya

Indonesia memiliki banyak sekali suku, ada suku sunda, betawi, jawa, batak, bugis dan masih banyak lagi. Dari setiap suku tersebut juga mempunyai adat-adat atau kebiasaan. Dari sekian banyak budaya, Indonesia memiliki beberapa budaya yang sudah diakui dunia diantaranya adalah Batik, Wayang, Keris dan Angklung. Batik sendiri memang sudah sejak dahulu sekali dibuat dan batik yang tadinya hanya dipakai oleh orang-orang tua sekarang sudah banyak dipakai oleh anak muda. Dan tugas kita selanjutnya sebagai warga negara Indonesia adalah menjaga dan merawat budaya-budaya yang ada dengan cara mengembangkannya ataupun mempelajarinya.

4. Kuliner

Paling Indonesia selanjutnya adalah kuliner-kuliner khas Indonesia. Dengan begitu banyaknya suku yang ada di Indonesia tentunya juga banyak sekali makanan daerah dari masing-masing tempat. Contohnya dari daerah Padang ada makanan rendang, makanan khas daerah setempat yang sudah diakui kelezatannya di dunia internasional. Dari daerah Yogyakarta terkenal dengan Gudegnya dan masih banyak lagi makanan khas Indonesia yang lain yang sudah diakui dunia.

5. Flora dan Fauna

Flora dan fauna di Indonesia juga berbeda dari yang lain. Dari sisi flora kita bisa mengambil contoh bunga bangkai atau Raflessia Arnoldi adalah bunga langka yang hanya bisa tumbuh di daerah-daerah tertentu. Bunga ini memiliki bau yang sangat khas seperti halnya bangkai. Dari sisi fauna, Indonesia memiliki hewan yang sangat-sangat langka dan ada sejak zaman dahulu yaitu komodo. Komodo bahkan sudah diakui dunia sebagai keajaiban dunia. Komodo ada pada habitatnya di pulau Komodo, pulau yang sekarang sudah sering dikunjungi oleh wisatawan asing yang memang sengaja berkunjung hanya untuk melihat hewan purbakal bernama komodo.

Itulah beberapa hal yang "Paling Indonesia" dan semoga kita semua bisa mempertahankan dan bahkan bisa mengembangkan hal-hal diatas ke arah yang lebih baik lagi.

ARTIKEL TERKAIT:

{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

SituSaja | Science | Info mengatakan...

Negara Indonesia sangat kaya, jadi kita sudah seharusnya berbangga hati menjadi anak bangsa yang besar ini. Ayo tunjukkan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara besar dan pantas dijadikan teladan :)

Unknown mengatakan...

Yup bener banget agan

Posting Komentar

Mohon untuk kebaikan bersama karena blog ini do follow maka jika Anda yang berkunjung memiliki blog/website mohon menaruh link blog ini juga
Terima Kasih

Admin