Teknik dan Metode SEO

Bookmark and Share

Banyak tulisan saya yang mengenai SEO, postingan kali ini juga sebenarnya mungkin salah satu pelengkap tulisan yang lain yang berhubungan dengan SEO. Jadi mari kita ulas sedikit lagi mengenai Teknik dan Metode SEO.

1. Penentuan Topik Blog
Jangan pernah memilih tema ataupun topik yang terlalu beragam. Jika sebuah blog memilih sebuah topik yang khusus atau spesial pasti akan mendapatkan perhatian khusus oleh para pengunjung blog sobat. Mereka akan percaya bahwa  sobat adalah seorang yang ahli dalam hal tersebut.

Menuliskan banyak yang sangat berbeda akan membuyarkan konsentrasi Anda dan pembaca blog sobat. Pilihlah tema yang paling dikuasi dan kupaslah secara lebih mendalam. Saya secara pribadi masih sangat yakin bahwa konten dalam sebuah blog adalah SEO itu sendiri dibanding Anda menggunakan teknik yang banyak diajarkan bahkan Anda harus mengeluarkan sejumlah uang. Istilah Content is a King menurut saya masih merupakan hal yang paling penting dari apapun teknik dan metode SEO yang pernah sobat baca.

"Jika tema yang Anda angkat adalah sejenis maka setiap halaman yang sudah pernah Anda buat akan meningkat secara signifikan dengan sendirinya karena akan saling berkaitan satu sama lain pada mesin pencari seperti Google." 

2. Desain Blog

Desain yang dimaksud dalam bagian ini adalah struktur website Anda atau tag html/xhtml yang sobat gunakan. Mesin pencari sangat senang dengan desain blog yang bersih dari “sampah”, benar dalam menuliskan kode-kode html serta gampang untuk dinavigasi.

Hindari penggunaan iFrame, multimedia Flash dan Java Script yang berlebihan. Pastikan juga blog sobat dapat dilihat dengan baik pada beberapa browser utama yaitu Mozilla Firefox (setidaknya versi 3.0) lalu Microsoft Internet Explorer (setidaknya versi 7.0), kemudian Opera minimal versi 10.
Jika sobatmenggunakan desain template blog buatan orang lain pastikan sobat mengujinya pada ketiga browser tersebut secara visual lalu mengujinya pada halamanW3C Validator.

3. Tautan (Link) Internal

Sobatwajib memiliki sebuah sitemap. Sitemap adalah peta situs yang menggambarkan seperti apa struktur halaman-halaman yang berada didalam blog sobat. Mesin pencari sangat mencintai adanya blog yang memiliki sitemap. Mesin cari akan mudah dan cepat untuk melakukan indeks pada blog Anda.

Jangan malas untuk melakukan cek sebuah tautan yang salah ketik atau sudah tidak ada lagi. Silakan gunakan bantuan Google Webmastertools untuk keperluan hal ini, dimana Google akan memberikan laporan berkala kepada Anda apakah ada sebuah tautan yang salah atau tidak.

4. Perbarui Blog Secara Berkala

Mesin pencari akan lebih sering untuk melakukan cek terhadap blog sobat apabila sering memperbaruinya. Tulislah konten baru setidaknya satu hingga tiga kali dalam seminggu lalu tingkatkan menjadi 1 kali dalam sehari. Memang hal yang tidak mudah untuk dilakukan bagi sobat yang memiliki kesibukan lain selain ngeblog. Oleh karena itu baca dulu Tips Buat Blogger Sibuk untuk menyiasatinya.

5. Ekspor Tautan Anda

Jangan ragu untuk meletakkan tautan menuju sumber yang relevan dengan tema blog sobat. Juga jangan lupa untuk mempromosikan blog sobat pada banyak blog yang setema dengan blog sobat. Tentunya sobat akan paham apa yang saya maksud pada poin ini. Sobat juga bisa bertukar link dengan blog ini dengan klik disini.

ARTIKEL TERKAIT:

{ 3 komentar... Views All / Send Comment! }

Xnode mengatakan...

mantap gan

arikaka mengatakan...

tautan (link) saya banyak yang salah karena ganti permalink :o

Unknown mengatakan...

@Atep: Makasih ya
@Arikaka: harus diganti tuh biar PR ga turun

Posting Komentar

Mohon untuk kebaikan bersama karena blog ini do follow maka jika Anda yang berkunjung memiliki blog/website mohon menaruh link blog ini juga
Terima Kasih

Admin